Just Follow Berita Terkini dan Terbaru

Terima Kasih Telah Berkunjung

Kritik dan Saran atau Masukan akan sangat membantu situs ini dalam memberikan informasi yang bermanfaat. Silahkan disampaikan melalui kolom Kontak, Komentar atau melalui FansPage Indonesia Terkini. Terima Kasih.

Beda Fungsi serta Tugas Marketing dan Sales

Advertisement
Beda Fungsi serta Tugas Marketing dan Sales
Beda Fungsi Marketing dan Sales. Dua kata seperti tersebutkan pada judul Indonesia Terkini kali ini benar-benar cukup membingungkan bagi sebagian besar orang tak terkecuali penulis (dulunya). Tapi setelah ditelaah secara mendalam, terdapat perbedaan mendasar terutama pada Fungsi Marketing dan Sales. Pemasaran atau dalam bahasa inggris bernama Marketing, dan sekarang memang lebih sering disebut demikian oleh masyarakat luas. Pengertiannya adalah suatu proses didalam menyusun komunikasi lebih intensif dengan tujuan penerima informasi mengenai produk atau barang maupun jasa tertentu secara progressif. Tentu hal ini demi memberikan kepuasan keinginan serta kebutuhan tersendiri.

Lalu Sales itu sendiri merupakan sebuah strategi penjualan secara langsung didalam memasarkan produk jasa maupun barang tertentu dengan fokus tujuan terhadap peningkatan penjualan saja. Pada kenyataannya tidak sedikit masyarakat mengganggap kedua hal tersebut sama. Padahal jika menilik dari pengeriannya saja sudah berbeda. Sebagai bahasa mempermudah artinya, seorang Marketing membuat konsep pemasaran mulai dari pemenuhan produk, pengiriman, serta mempromosikan barang atau jasa mereka. Selain itu hal terpenting yaitu menjaga komunikasi dengan pelanggan karena membutuhkan adanya suatu hubungan berkorelasi jangka panjang. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas mereka.

Sedangkan bagi seorang sales, kepuasan pelanggan tidak menjadi prioritas utama. Sebab tujuan utamanya adalah peningkatan hasil penjualan dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Kebiasaan mereka menjual produk secara langsung menawarkan produknya. Jadi intinya Marketing (pelaksana biasa disebut marketer) lebih mengutamakan kepada strategi tercantik berdasarkan hasil riset secara mendetail pada berbagai aspek serta sangat memperhatikan brand image maupun kepuasan pelanggan. Nah kalo sales (pelaksana disebut salesman) lebih kepada menjual secara langsung tanpa memikirkan segala macam hal secara mendetail, yang terpenting laku keras.

Meskipun terdapat Beda Fungsi Marketing dan Sales dengan sangat mendasar, namun keduanya merupakan aset paling berharga bagi suatu perusahaan. Bahkan bisa dikatakan mereka adalah tulang punggungnya perusahaan. Jika hubungan diantara kedua belah pihak tersebut harmonis dan bekerjasama secara maksimal, maka target pun bukan tidak mungkin akan tercapai. Namun penjelasan ini pemikiran pribadi penulis setelah melihat, menganalisa, serta mengalaminya sendiri. Kurang lebihnya mohon dimaklumi apabila ada kata kurang berkenan atau ga begitu jelas. Kalo punya pertanyaan, silahkan masukkin aja kekolom komentar okeh.
Tag : Aneka
0 Komentar untuk "Beda Fungsi serta Tugas Marketing dan Sales"

Back To Top