Syarat dan Cara Pembuatan Paspor

Advertisement
Syarat dan Cara Pembuatan Paspor
Syarat dan Cara Pembuatan Paspor. Sudah paham dengan Pengertian Paspor serta segala macam jenisnya? Kalau sudah dan ingin membuatnya karena memang kalian membutuhkannya, maka harus tau dunk dengan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkannya. Nah ok dech kalau gitu silahkan kalian simak penjelasan lebih terperinci mengenai Syarat Pembuatan Paspor dari penulis. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bagi teman-teman yang ingin membuat Paspor, berikut Syarat Pembuatan Paspor yang harus dilengkapi untuk mendapatkannya beserta langkah-langkah pembuatannya.
1. Membawa kelengkapan ke kantor imigrasi seperti :
- Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang asli disertai dengan fotocopynya.
- Kartu Keluarga atau KK yang juga asli serta fotocopynya.
- Surat Keterangan atau Surat Sponsor atau Surat Rekomendasi Kerja.
- Surat WNI.
- Bila anda ingin mengganti nama pada saat pembuatan Paspor, bawalah Surat Keterangan Ganti Nama.
- Bagi yang sudah menikah bawa Akte Nikah kalau bisa dengan fotocopynya juga.
- Materai Rp. 6000. Ada baiknya membawa lebih dari 1 ya untuk berjaga-jaga.
- Ijazah terakhir.
2. Semua persyaratan tersebut diatas kalian masukkan kedalam map yang dibeli langsung di kantor Imigrasi.
3. Ambil formulir pengajuan Paspor di kantor Imigrasi, lalu isi, dan masukkan formulir itu kedalam map yang sebelumnya sudah dibeli.
4. Kembali lagi ke kantor Imigrasi pada waktu yang telah ditentukan yang tertera pada slip atau struk yang kita terima.
5. Kemudian tahap berikutnya setelah berkas diberikan, anda akan diwawancarai dan mendapatkan kwitansi untuk melakukan pembayaran di kasir.
6. Dengan kwitansi tersebut diatas, anda langsung menuju ketempat pengambilan foto, serahkan slip merah kepada petugas foto disana, dan kemudian antri menunggu panggilan.
7. Setelah itu akan dilakukan foto biometrik dan pengambilan sidik jari.
8. Kembalilah ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor pada tanggal yang telah ditentukan dan biaya yang telah ditetapkan.

Ya itulah Syarat Pembuatan Paspor yang harus dilengkapi untuk mendapatkannya beserta langkah-langkah pembuatannya. Terkesan ribet namun sebenarnya sangat simple dan mudah. Apalagi disana juga banyak petugasnya yang bisa kalian tanyakan jika merasa masih bingung. Anda pasti akan mendapatkan layanan dan bantuan sebagaimana mestinya. Semoga berguna.

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Kalo suka sama isi Artikel di situs ini, berlangganan aja via email, gratis koq. Jadi nanti kawan-kawan bisa dapet kiriman terbitan terbaru dari Indonesia Terkini

64 komentar untuk "Syarat dan Cara Pembuatan Paspor"

  1. form pengajuan paspor, lebih baik pake online aja,lebih efisien:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba langsung mengunjungi situs resmi gan @Yusuf Pasha

      Delete
  2. Gan Ibenk@ sama2 gan...semoga bermanfaat.

    Anonymous@ setau saya kalo ngeliat situs resmi keimigrasian sudah ada kolom tersebut namun sedang ga bisa dibuka. btw masukan anda sangat berguna gan.

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu, btw Masih perlu akte kelahiran g? Thx...

    ReplyDelete
  4. oh iya setau ane perlu juga tuh gan akta kelahiran....sama satu lagi untuk keadaan tertentu juga perlu "surat Baptis"

    ReplyDelete
  5. ijasah emang harus min, asli jg ato copy nya . tks

    ReplyDelete
  6. Akta kelahiran atau ijazah ya yg harus dibawa? Tks :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous @ Oyi gan betul banget...tp yg dikasih setau ane yg copynya...but yg asli tetep kita bawa...

    Anonymous Terakhir @ iya gan bener banget itu yg harus dibawa disertai kelengkapan yang udah disebutin di artikel...

    Btw,,,thanks banget ya buat semuanya yang udah berkontribusi memberikan saran dan masukan serta tambahan...

    ReplyDelete
  8. Saya mau bikin paspor.
    Persaratan yg ada haya.
    KTP dan foto kopy.
    KK dan foto kopy
    IJasah dan foto kopy.
    Yg saya mau tayakan , apa dengan dengan berkas yg saya bawa ini bisa mengurus pembuatanya dijakarta. Sedanglan berkas yg saya punya kelahiran purbalingga. Mohon minta pejelasannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  9. gan Belo@ : maaf nih gan ane kurang begitu paham sm pertanyaannya. Maksudnya agan ini asli purbalingga tp tinggal n pengen bikin pasport di jakarta gitu? Kl iya, setau ane bisa gan asalkan semua persyaratannya lengkap. Tp biasanya tiap daerah ada kebijakan masing-masing. Jadi untuk lebih jelas lagi mending agan langsung masuk ke situs resminya di imigrasi(dot)go(dot)id, ganti (dot) dengan (.) hapus (). trs buka kolom kantor imigrasi dan cari untuk yang wilayah DKI Jakarta dan silahkan dihubungi.

    ReplyDelete
  10. Saya pernah punya pengalaman buruk soal ngurus paspor yang hilang. Waktu tahun 2010 bapak saya sakit dan mesti dioperasi di luar negeri (dibiayai oleh kantor tempat beliau bekerja), rencananya saya dan ibu tiri saya yang akan menemani bapak berobat ke luar. Karena paspor saya hilang, maka saya harus mengurus kembali ke kantor imigrasi di kota Bogor, dan ini sangat menyebalkan.

    Waktu saya datang ke kantor imigrasi dan mengutarakan niat saya untuk mengurus paspor hilang, saya disuruh menemui petugas di lantai atas. Kemudian di lantai atas saya bertemu petugas yang dimaksud, namanya Pak Deni. Kemudian si Deni ini menanyakan kenapa paspor hilang, hendak pergi kemana, dan untuk apa. Saya cerita bahwa paspor saya hilang di Bandung ketika masih kuliah, dan skrg bapak sakit dan harus segera dioperasi di Cina. Kemudian dia bilang untuk mengurus paspor membutuhkan waktu sekitar 1 bulan karena bla bla bla (saya lupa).

    Akhirnya saya pulang lagi ke rumah, sekitar 2 hari kemudian dia menelepon saya, katanya dia bisa membantu agar prosesnya bisa dipercepat, tapi saya harus bayar 600 ribu. Saya kaget, berani-beraninya dia minta uang, padahal kami sedang dalam kondisi bersedih dan sulit. Di sini saya galau, di lain sisi bapak harus segera dibawa ke Cina, di sisi lain saya gak mau ngasih duit haram sama cecunguk birokrasi pemerintah. Akhirnya dengan terpaksa saya membayar jumlah uang yang dimaksud, dan seminggu kemudian paspor saya selesai. Meskipun akhirnya saya tidak jadi mengantarkan bapak ke Cina, karena ternyata gak lama setelah paspor jadi, saya harus mengantarkan beliau ke tempat perisitrahatan terakhirnya. Selamat tinggal Bapak.

    Maaf jadi curhat. Intinya saya ingin menyampaikan jangan mau diperas sama cecunguk koruptor di kantor imigrasi. Dan untuk pak Deni petugas imigrasi Bogor yang meminta uang ke saya, semoga kau masuk neraka!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga hal seperti itu tdk terjadi lagi sekarang. Saya baru tanggal 27 kemaren bikin paspor di bandung. Hanya membayar 255rb, sehari langsung beres sampai tahap wawancara. besok tgl 30 tinggal mengambil paspornya. Di kadim bandung pelayanannya cepat dan ramah, sama sekali tidak dipersulit. :) Semoga di tempat lain juga memberikan pelayanan yg baik. :)

      Delete
  11. Maaf..selain persyaratan lengkap ...aku mau tanya kira" biaya nya kena berapa untuk pembuatan paspor ny yaa??

    ReplyDelete
  12. Saya mau buat paspor, tapi ijasah saya yg terakhir kebetulan hilang.. Boleh ngga saya bawa ijasah yg ada... Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  13. @Hye In : sama2...semoga bermanfaat ya :)

    @Anonymous 1 : terima kasih banget gan atas share pengalamannya. semoga bisa menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua. Dan saya harap para petugas yang membaca comment tersebut diatas bisa lebih bijak menggunakan kekuasaannya. Sedikit saran aja, kalo ada kejanggalan didalam pemerintahan langsung aja dilaporkan gan...Kekuatan terbesar ada ditangan rakyat koq...

    @Anonymous 2 : Kalo harga, tiap daerah berbeda-beda gan. Tapi yang pasti ga mahal koq. Biaya pembuatan setau ane sekitar 250-350rb-an, kl resminya kurang lebih 270rb-an dengan perincian 200rb utk buku paspor 48 lembar, 55rb utk Photo Biometric, 15rb utk sidik jari, Plus biaya tambahan Rp.6000 utk meterai dan Rp.5.000 – Rp.10.000 utk map (biaya map tergantung kantor imigrasi yg notabene adalah gratis). Pastinya tiap daerah berbeda gan.

    @Anonymous 3 : Sedikit saran aja, ada baiknya agan membuat surat kehilangan dari kepolisian. Surat itu nanti dijadikan sebagai pengantar ke kantor keimigrasian tmpt agan. Ato agan langsung berkomunikasi sama pihak imigrasi di tempat agan dan menjelaskan keadaan sebenarnya.

    ReplyDelete
  14. klo sy hanya seorang irt bisa jg ya ngurus paspor?

    ReplyDelete
  15. saya mau bikin paspor ,,sudah menikah,apa perlu menyertakan surat nikah?? coz dalam proses cerai???thx

    ReplyDelete
  16. @Anonymous1 : kalo ibu memang membutuhkan paspor ya bisa juga mengurus untuk membuatnya.

    @Anonymous2 : kalo untuk itu menurut saya pribadi ada baiknya diurus dulu gan surat cerainya.

    ReplyDelete
  17. saya mo tnya..dl d thn 2009 sy prnah bkin paspor wat krja k Taiwan...krja d taiwan kn syarat'y umur hrs 21th..pi pda saat itu umur sy br 19..maka dr itu umur sy dtuakan 2th jd 21...nah skrg sy mo krja k Korea...n mo buat paspor pi menggunakan umur asli saya...itu nanti bgaimana ya...tar sy kena biometri ga??

    ReplyDelete
  18. @vivty alloha : Kalo untuk hal itu jujur aja saya belum pernah mengalami jadi bingung juga jawab. Tp coba telusuri dulu, waktu itu neng Vivty menuakan umurnya itu dimana (kl dituakannya dulu itu berdasar persetujuan pihak imigrasi ya langsung aja hubungi yang waktu itu membuatnya. tp kl enggak, ya coba tanya dulu aja ke pihak imigrasi via phone untuk lebih lanjut solusinya).

    ReplyDelete
  19. kalo gag bawa berkas yg aslinya gmna?? boleh gag??
    thank'z :)

    ReplyDelete
  20. @Anonymous : Ya bawa yang aslinya dunk gan...Kecuali mas brow punya kenalan orang imigrasi mungkin boleh :)

    ReplyDelete
  21. saya mo bikin paspor, tpi saya gak akte kelahiran gmn bisa gak, tpi stuk surat2 yg lain saya ada lengkap hanya akte kelahiran nya az yg gak ada.

    ReplyDelete
  22. Btw, thanks banget ya buat pengunjung sekalian terutama yang turut memberikan kontribusi berupa saran, masukan, maupun kritikan membangun.

    Bukan bermaksud menggurui, hanya membantu sebisa saya bantu dengan sedikit apa yang saya tau. Lanjut lagi,

    @ deenee : Untuk problem agan itu tergantung pihak kantor imigrasinya gan. Ada yang ga mempermasalahkan kalo akta ga ada, jadi bisa melalui dokumen seperti ijasah (SD,SMP,dst), Surat Kartu Keluarga, KTP anda, akta nikah, atau surat baptis (tertera tempat dan tanggal lahir di dokumen lain tersebut, bawa aslinya dan semua difoto copy), tapi ada juga yang mempermasalahkannya. Tapi emank kebanyakan harus menggunakan akta ktottenham-spurs-vs-chelsea-2012.htmlelahiran (karena merupakan persyaratan utama). Ada juga dari keimigrasian tertentu yang bisa dengan menggunakan surat kenal lahir.
    Solusi lain agak ribet tapi layak dicoba, yaitu bikin dulu akte lahirnya (minta surat pengantar dari RT untuk ke kelurahan dengan membawa fotocopy KK, surat nikah ortu (kl belum nikah), KTP agan, ijasah (SD, SMP, dst)). Bawa semua itu termasuk surat pengantar RT ke kantor kelurahan untuk minta surat pengantar atau keterangan bahwa Kelurahan mengetahui tentang surat2 yang agan punya itu bener adanya, dan minta tolong pihak Kantor Catatan Sipil wilayah anda untuk membuatkan akta lahir anda melalui semua dokumen yang ada. Kalo anda seorang muslim bisa membawa semua persyaratan tersebut kekantor pengadilan agama.

    Mungkin teman-teman pengunjung lain situs ini ada yang punya solusi lain silahkan ditaruh dikolom komentar ya.
    Indahnya Berbagi.

    @Risma : sama2 neng semoga bermanfaat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu menggunakan ijazah sekolah.. gak masalah tuch.. th 2012 di Imigrasi Denpasar :)

      Delete
    2. nah ntu dia gan Au-thor, kadang tiap kantor imigrasi punya penilaian yang tidak sama dalam kepengurusan. btw, thanks banget nih tambahan infonya. :)

      Delete
  23. Mengenai paspor hilang dari share" bbrapa blog lain sy menemukan ada penjelasan apabila.hilang disebabkan oleh kelalaian maka biayanya memang 600rb bila bencana alam hanya 250rb. Thanks dan maap bila salah

    ReplyDelete
  24. @mei.log : Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi dan semua teman-teman pengunjung Indonesia Terkini khususnya.

    ReplyDelete
  25. Gan saya maw bikin passport tp masalahnya ijasah terakhir ane fotonya agak pudar .dulu lupa nge eliminating..tp fotocopyanya masih bagus..kira2 bs di pake gak tuh? Thanks.

    ReplyDelete
  26. @Dewa : Kalo menurut saya dibawa aja gan,,,kasih penjelasan ke pegawai pengurusnya...yang penting semua data sama gan...kan dilihat dari akte lahirnya juga yang menurut saya sendiri paling valid...

    ReplyDelete
  27. apakah smwa foto copy kelengkapan harus dilegalisir?

    ReplyDelete
  28. @Metz : nah ntu kelengkapan kan kalo difotocopy otomatis legalisirannya kena fotocopy juga gan :)

    ReplyDelete
  29. Apa harus ada surat sponsor gan? Saya kan masih mencari agen kapal juga? Jadi gimana atuh, emang wajib bawa surat sponsor ama buku pelaut?

    ReplyDelete
  30. @Irwan : Yapz perlu deh gan rasanya dilengkapi dengan surat sponsor ato keterangan ato rekomendasi ntu kalo pengen kerja jd pelaut...Tapi kalo buku pelaut masih berlaku langsung aja gan dateng ke kantor imigrasi bawa KTP,KK,sama bukti pmbyrn PBB sm buku pelautnya juga. Jadi tar dihalaman keterangannya biar ada cantuman kalo agan ntu pelaut...

    ReplyDelete
  31. Kl utk tujuan blibur, perlu sponsor jg ga? Trmksh.

    ReplyDelete
  32. Sy mau nanya gan, sy kan mau ke singapore untuk kerja dsana sy mau bikin paspor tp tdk ada ijasah karna karna ijasah terakhir di tahan wkt krj dlu, dan yg satu lagi ada di daerah skg posisi sy djkrt . Kira2 kl tdk pake ijasah bisa gk ya ?

    ReplyDelete
  33. maaf saya mau tanya kalau tidak ada ijazah bgmna,?tq

    ReplyDelete
  34. @nenkdollar & @Imam Achmad :
    Hmm sepertinya udah terjelaskan deh dijawaban2 atas. Tapi ga pa2 diulang lagi ya. Ada baiknya langsung hubungi aja kantor imigrasi setempat. Soalnya tiap wilayah lebih sering berbeda ketentuannya alias ada yg memperbolehkan maupun tidak. Dan biasanya mereka memberikan solusi alternatif. Terpenting bawa KTP atau identitas diri lainnya okeh. Semoga membantu dan terima kasih udah berkunjung :)

    ReplyDelete
  35. Hi,sya mau tnya..5thn yng lalu sya bikin paspor sblum kerja ke Singapore dan waktu itu umur sya msih 19th,krena syarat untuk krja disana hrus brumur 23 jdi umur sya di tuakn oleh sponsor sya..dan msa berlaku paspor itu cma tiga thn,jdi stelah paspor itu expired sya perpanjang lgi di kbri di Singapore yang msa berlakunya smpai 2015,masalahnya thun dpan insyaalah sya mau menikah dngan orang turkey dan sya mau buat paspor lgi dngan identitas dan umur sya yng asli..apakah nanti di kantor imigrasi sya msih kna biometric?

    ReplyDelete
  36. Mau tanya boleh ya klo ktp kita masih diurus di kelurahan itu gimana?apa bs dengan surat keterangan dr rt setempat,,soalnya saya buat ktp elektrik smp sekarang ga jd2,,dan klo mau ngurus apa2 saya jd susah..mohon infonya

    ReplyDelete
  37. mau nanya nih, kalo buat paspor mesti di daerah asal ya? sesuai KTP gitu? misal saya dari SumSel, mau buat paspor di medan. ga bisa ya?

    satu lagi, kalo via online, saya tadi udah baca panduannya, namun ada yang kurang. apakah setelah mendapatkan tanda terima pra prmohonan yg d print, lalu apa yg dilakukan? saya baca di http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/general/faq.pdf terima kasiih.. :)

    ReplyDelete
  38. Gan ,kan aku mau bikin paspor tuk anaku yg br usia 4thn,tp lom punya akta kalu kenal lahir ada bisa Gãa ya?

    ReplyDelete
  39. Permisi.. surat sponsor atau surat rekomendasi kerja maksudnya apa ya ?

    ReplyDelete
  40. wadow maaf banget temen-temen semua saya baru aktif lagi nih.

    @anindakw : ada baiknya langsung dihubungi dulu aja kantor keimigrasian setempat. karena kebijakan tiap daerah biasanya berbeda.

    @merry yunita djatun : kalo ngurus e-ktp setau saya ktp yg lama dipegang dulu sama pemiliknya.

    @O.D.P : kalau ada kekurangan lengkapan data atau tidak sesuai dengan lokasi saat ini, ada baiknya langsung kunjungi kantor imigrasi setempat gan.

    @Widiya Nengsih : ibu widya bisa menunggu proses akta lahirnya sampai jadi dulu. ato kalo emank mendesak coba aja hubungi keimigrasian dilokasi ibu dan menjelaskan keadaannya. nanti pasti diberitahukan secara lebih lanjut.

    @Bobby Andrew : surat sponsor atau rekomendasi kerja itu dikeluarkan sama perusahaan gan brow. pemegang surat ntu punya nilai lebih dimata perusahaan yang nantinya bakal dijadiin tujuan kerja. tapi untuk mendapatkannya emank ga mudah. sebab biasanya dikeluarin untuk orang-orang dengan kriteria tertentu yang punya rapor prestasi bagus ato tergolong mantan pegawai terbaik perusahaan terkait. nanti saya usahakan dikesempatan berikutnya saya berikan contoh suratnya.

    ReplyDelete
  41. mu tanya gan, kalo ga ada surat sponsor karna cuma mau jalan- jalan aja gimana tuh, misalnya mau jalan" ke singapore

    ReplyDelete
  42. Mau tanya gan. Ane mahasiswa di Yogyakarta, sedangkan berkas KK & Ijazah ane yang asli ada di Jakarta, sementara di Yogya ane cuma megang fotokopi ijazah SMA yang udah dilegalisir sama kepala sekolah SMA ane, dan fotokopi KK. Kalo KTP sih asli & fotokopian punya. Terus apakah ane bisa nerusin pengajuan paspor di Yogya dengan tidak adanya KK & Ijazah asli?

    ReplyDelete
  43. Min, sya bingung untuk poin 1 baris ketiga yang surat keterangan itu maksudnya surat keterangan dari RT atau apa ya ??

    ReplyDelete
  44. @Ghazbhuld : Tiap daerah biasanya punya aturan kondisional tersendiri setau saya gan dimana fungsinya agar tidak memberatkan langkah pihak pengaju pembuatan. Jadi langsung ke kantor imigrasi setempat aja buat menanyakannya langsung ato bisa via tlp untuk bertanya. Tapi saran saya mending mnt dikirim aja berkas-berkas penting tersebut ke alamat agan skrng berada.

    @Mega Yulianda : Point 1 baris 3 itu mskdnya bisa surat dari RT RW setempat.

    ReplyDelete
  45. yang di maksud surat rekomendasi kerja n surat WNI itu apa.g paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat mbak @Melinda Linda : Surat Rekomendasi Kerja sebenarnya udah dijelaskan diatas. Tp ga pa2. Jadi surat rekomendasi itu surat yang dikeluarin sama perusahaan dan mempunyai penilaian lebih bagi perusahaan tujuan kerja berikutnya. Dan untuk mendapatkannya ga mudah karena biasanya cuma dikeluarin oleh perusahaan lama ke orang-orang tertentu yang dianggap memang berkompeten. Dan mengenai WNI, itu surat pernyataan.

      Delete
  46. Maaf, saya mau buat paspor, tapi saya mahasiswa pelayaran, bisa nga tuh?? Karena saya belum pernah buat paspor,
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas broo selama tujuan pembuatan serta persyaratannya jelas.

      Delete
  47. Bro mo tnya ya sesi wawancara biasanya yg ditanyain pa aja sih pake bhs inggris pa indo nih ? Rncn mo buat pasport bln ini.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sry banget gan telat banget jawabnya. pertanyaan seputar tujuan pembuatan dan segala hal terkait lainnya.

      Delete
  48. Bisa gak ya kalo ijazah yang digunakan ijasah S1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan langsung menghubungi pihak imigrasi untuk lebih jelasnya mbak.

      Delete
  49. bisa ga buat Paspor tapi cuma KK yang kurang? karena aku baru pindah, ayah meninggal jadi belum buat yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menghubungi pihak imigrasi langsung terus sampaikan kondisi Anda karena terkadang persyaratan tiap wilayah berbeda sesuai kebijakan daerah masing-masing.

      Delete
  50. kalau saat ini (2014) berapa kira-kira biaya pembuatan paspor nya?
    lalu untuk foto kopi KTP apa foto kopinya timbal balik?atau tidak?karena ada yang bilang timbal balik,ada yg blang hrus difotokopi dikertas A4, dan jgn dipotong, lalu berapa lembar harus di foto kopi setiap berkasnya. Map nya apa harus beli disana atau bisa memakai map yang dibeli sendiri dari luar..
    berapa hari pengurusan paspor bisa selesai
    trimakasih sebelumnya untuk informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah biaya dan segala terkait lainnya lebih baik langsung menghubungi pihak imigrasi saja. mengenai ktp, sepengetahuan saya hingga saat ini cukup depannya saja namun ga ada salahnya bolak balik.

      Delete